![]() |
tulisan pertama ini akan saya dedikasi'kan untuk ibu , ayah dan adek² saya!?
yap, sebetulnya yang akan saya tulis kali ini gak ada sangkut pautnya dengan kalimat pertama di atas, today is march 1st 2018 D-20 about trip to Bangkok Thailand. yaa saya belom prepare apapun, saya akan tinggal dimana selama disana atau cash yg harus saya bawa berapa dan apa aja yg harus saya bawa, yang baru saya bikin cuma itinerary aja itu pun hanya gambaran kasar.
i think i lost my mind
sampe akhirnya waktu cepet banget udah D-1, noon after lunch saya dapet juga hotel yang pas buat isi kantong "karna liburan ditanggal tua". so long story short flight saya berangkat 14:20 AirAsia QZ 256, but yes like everyones expect the flight was delay till 15minutes.
setelah perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 3,5 jam, mendarat di Don Mueang International Airport, langsung cari toilet dan betapa noraknya kaget udah duduk di closet and looking for jet shower but nothing yang ada cuma tissue, kebiasaan di indonesia kalo ketoilet selalu ada air dan menemukan disini hanya ada lembaran tissue putih (teriakkkkkkk).
![]() |
| nasi padang ala air asia yang bikin teriak-teriak karna harganya *ups* |
akhirnya setelah teriak-teriak gak jelas karna gak ada air, saya mutusin untuk beli provider local dan nunggu bus no.A4 dari airport menuju Khaosan road, saya udeh booking hostel di daerah itu karna menurut info yang saya dapet disana surganya para backpacker. tapi ternyata tidak semudah itu, setelah turun dari bus ada penjual semacam gorengan tap seafood such as shrimp dkk ditaburin bumbu kemudian digoreng, ada saus nya juga yang saya gak paham rasanya (maklum, perut masih menyesuaikan) berhasil menggugah selera tapi beneran enak sih secara saya emang sukak banget sama gorengan hehe..
kemudian kita dihadapkan dengan jedak-jeduk a.k.a club-club yang luwarrrrrrr biazahhh, this is the word "FREEDOM" is hahaaa... sambil berjalan melewati tempat tersebut dan membaca gps, finally sampe juga di hotel. hari pertama di bangkok saya lewati dengan kesasar dan dinner nasi kari + ayam goreng, alasannya? (karna pada saat itu ada mbak2 yang pake jilbab lagi makan hehe yg di jamin halal).
- second days March 22 2019.
bangun pagi-pagi dan siap berangkat ke ekkamai station, hari ini gue mau ke kohlarn island, naik bus no.2 ke terminal bus ekkamai, untuk yang first timer ke luar negeri kaya gue dan temen-temen gue bangkok ini sangat mudah transportasinya, papan informasi direction, tujuan dan nomor bus mudah di pahami dan tersebar di banyak halte atau tempat pemberhentian bus jadi jangan takut untuk gak bisa pulang yaaa.
setelah sampai di Ekkamai station, disini ada jg yang nawarin untuk naik Van gitu, tapi karna harganya bisa 3x lipat dari harga bus jadi gue lebih milih naik bus, bus nya enak kok' ada ac nya, setelah kalian sampai loket penjual bus tepat di depan jadi gak sulit untuk nyari, tiap loket akan ada tulisan tujuan-nya serta harga tertera per-orang. setelah menempuh 2,5 jam perjalanan akhirnya YEAYYYYY sampe.. iyaa sampe di terminal, sambung naik songthaew (semacam angkot gitcuuu kalo di indo) ke dermaga bali hai pier (ini gue gagal paham kenapa nama dermaga nya ada kata Bali) dan sampe di Pattaya Beach (disini exited banget karna liat pantai dari jauh, eh pas di deketin kirain gue nyasar, dlm hati "ini gue di pattaya kan? bukan di ancol") butek amat aernya -_-
gue niatnya akan nyebrang ke Kohlarna island, untuk menuju kesana kendaraannya semacam perahu gitu besar sih dan tingkat jadi bisa bebas mau duduk di bagian bawah atau atas,
![]() |
| ini penampakan perahu nya |
![]() |
| *yang tau ini nama makanannya apa, please comment below* |
sebenernya di kohlarn island ini punya beberapa pantai yang jaraknya lumayan jauh kalo jalan kaki makanya pada saat sampe di pulau kohlarn para jasa penyewa motor akan standby di depan mata kalian. transportasi lain yang bisa digunakan untuk mengunjungi pantai² tersebut yaitu songthew, yapz atau di indonesia biasa disebut angkot. hanya saja songthew ini jarang mangkal di tiap pantai, jadi kalo kalian niat untuk mengunjungi semua pantai di pulau dan punya budget untuk hal tersebut gue saranin untuk sewa sepeda motor.
![]() |
| Tawean beach |
matahari mulai sembunyi dibalik layar, kode keras buat gue untuk segera balik ke dermaga lagi, sebenernya masih belum puas tapi kalo gak balik sekarang ittinerary yg udah gue susun berbulan² bisa berantakan, so yaa suatu saat kalo ada rezeki dan kesempatan akan balik lagi *Aamiin ツ
- Third days March 23 2019.
Yashhh hari ke tiga, kali ini kita mau sombong buang-buang duid dengan cara naik grab car ke What Pho, padahal jarak dari hostel ke tempat ini Cuma 30mnt dengan jalan kaki HAHAL, udah bedakan lipstik eyeliner maskara dan teman² nya terlanjur nempel di muka dan gak ingin mereka tibatiba luntur bikin muka gue kaya ikan teri hahaa, secara bangkok & jakarta punya cuaca yg sama.
tempatnya semacam museum kaya di Indonesia Cuma ini lebih
luas, gimana yaa describe tempatnya? Yaa pokoknya tempatnya bagus cuaca pada
saat itu jg gak begitu panas, harga tiketnya include 1 botol mineral water yang
bisa kalian tuker di stan deket reclining budha dengan nunjukin tiket masuknya. yang berkunjung ke tempat ini mayoritas korea dan china, gue bahkan belum menemukan orang indonesia-_-
selanjutnya picture yang akan menjawab di hari ketiga ini...
![]() |
| salah satu patung budha |
| reclinning budha |
![]() |
| salah satu bangunan di watpho |
bangunannya cantik tidak seperti yang gue perkirakan. karena gue ngunjungin watpho ini di hari jumat jadi ada semacam pengeras suara yang gue kira mereka lagi baca kitab mereka, kalo di islam ngaji gitu yaaa. dan tempat ini tuh bersih, beda banget sama kota tua, bukannya membedakan tapi gue harap jakarta bisa belajar dari kota bangkok ini, yang peninggalan sejarahnya sangat amat di jaga serta di lestarikan.
Setelah beberapa jam mengelilingi setiap sudut yang bisa gue
liat, akhirnya kita keluar dan mutusin jalan kaki karna merasa bersalah telah
membuang uang 100baht saat berangkat menuju ke WatPho, nah disini gue mutusin
untuk balik ke hotel untuk tidur siang.
bayangan pertama gue soal tempat ini adalah surganya coklat, tp ternyata gada unsur coklat sama sekali. buat yang instagramable tempat ini bisa jadi salah satu rekomendasi buat dikunjungin kalo ke bangkok. yang gak enak nya, tidak adanya transportasi yang langsung turun persis di depan chocolate ville.jadi kalian harus naik grabcar dari halte bus karena kalau jalan kaki lumayan bikin
gak lama ambil gambar, dan langsung balik tapi karna belum
makan kita mutusin untuk makan di night market dengan naik grabcar, pada saat di bus pas berangkat sempet liat banyak night market. ini beneran banyak banget dan luas. soal makanan di night market justru makanan halal bertebaran kebetulan tempat kita makan street food penjual nya orang malaysia jadi sedikit bisa ngobrol-ngobrol.
yang tidurnya masih sendirian alias jomblo, kalo kalian ngunjungin tempat ini boleh sekalian dibeli bonekanya buat nemenin tidur, heheee...
- Last day March 24 2019.
hari terakhir ditutup dengan shoping di chatucak weekend market, dari hotel tempat kita stay selama di bangkok untuk menuju ke chatucak ini butuh 2x naik bus, cuma lupa no bus nya karena kita pun mengandalkan bertanya ke orang lokal bahkan ada perempuan sebaya yang mau nganterin kita ke terminal berikutnya dan nunjukin harus naik bus apa. lupa nanya nama perempuan tersebut cuma bisa bilang makasi sambil dadah-dadah aja.
setelah sampai, kesan pertama pasar in guedeee bangettt!!! beneran deh, bahkan gue butuh waktu 2-3 x untuk cari toko yang gue lewatin karena kepikiran tas di toko tersebut. nah saran gue kalau kalian ngunjungin chatucak dan lihat ada yang lucu mendingan langusng dibeli karena agak sulit untuk nyari toko itu lagi. disini kalian bisa nemuin banyak banget yang dijual, terutama fashion ahhh parah sih keren-keren banget dan murah dan kalian bisa nawar itu sih poin pentingnya.
pasar ini yang bikin kantong gue jebol bahkan sampe kehabisan buat naik bus ke airport, untung aja punya temen yang gak gila belanja, jadi bisa pake uang doi dulu✌ maaf banget untuk hari terakhir gue gak sempet ambil foto sama sekali karena excited banget untuk belanja ☹️
setelah sampai, kesan pertama pasar in guedeee bangettt!!! beneran deh, bahkan gue butuh waktu 2-3 x untuk cari toko yang gue lewatin karena kepikiran tas di toko tersebut. nah saran gue kalau kalian ngunjungin chatucak dan lihat ada yang lucu mendingan langusng dibeli karena agak sulit untuk nyari toko itu lagi. disini kalian bisa nemuin banyak banget yang dijual, terutama fashion ahhh parah sih keren-keren banget dan murah dan kalian bisa nawar itu sih poin pentingnya.
pasar ini yang bikin kantong gue jebol bahkan sampe kehabisan buat naik bus ke airport, untung aja punya temen yang gak gila belanja, jadi bisa pake uang doi dulu✌ maaf banget untuk hari terakhir gue gak sempet ambil foto sama sekali karena excited banget untuk belanja ☹️
"bukan tentang uang atau tanah, tapi pengalaman dan kenangan"
-Sosm
budget selama 4D 3N, gue pribadi hanya bisa mengira untuk transportasi dan foodies tidak ada yang gue ingat pasti, namun selama di bangkok tidak lebih dari 500k untuk ke-2 hal tersebut. makanan dan transport itu tergantung kalian yaaa, yang suka makan apalagi pas di bangkok kuliner tiap hari adalah hal yang wajib jadi bisa lebih atau pun kurang dari harga tersebut apalagi transport yang gue gunakan bus mungkin kalau kalian naik MRT bisa lebih irit namun pada saat naik grabcar apalagi jika kalian hanya 2orang akan mengocek dompet lebih dalam. Maskapai yang digunakan Low Cost Carrier yaitu air asia tiket PP kita dapatkan pada saat promo 5 bulan sebelum keberangkatan 1.3jt include bagasi 30kg pada saat return bangkok-jakarta. untuk hotelnya sendiri selama 4D 3N itu 3000 baht dan dibagi 3org masing-masing 1000 baht. pada saat itu kursnya Rp. 448 / 1 baht.
terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa komen di bawah yaaa ツ
-Shurez Oktaviani Sally Marsela











